2012/10/01

FAKTOR PENENTU KEMAMPUAN PROSESOR

* Sytem Clock

jam sistem
n 1: a waktu dari jam-jam di sebuah sistem komputer
2: sebuah perangkat elektronik di komputer yang isu-isu yang stabil
tinggi frekuensi sinyal yang synchronizes semua internal
komponen


* Bus Width

bus adalah saluran di mana arus informasi. Semakin lebar bus, semakin banyak informasi yang dapat mengalir melalui saluran, seperti halnya jalan raya yang lebih luas dapat membawa mobil lebih dari satu sempit. Bus ISA asli pada PC IBM adalah 8 bit luas; ISA bus universal digunakan sekarang adalah 16 bit. Lain I / O bus (termasuk VLB dan PCI) adalah 32 bit. Bus memori dan prosesor pada Pentium dan PC yang lebih tinggi 64 bit.

Lebar bus alamat dapat ditentukan secara independen dari lebar data bus. Lebar bus alamat menentukan berapa banyak lokasi memori yang berbeda yang bus dapat mentransfer informasi ke atau dari.

- I/O bus

Pembacaan port I/O.

- Data Bus

Bus data. Jalur yang berfungsi untuk menyalurkan data dari suatu bagian ke bagian lainnya. Berisi 8, 16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih. Jalur-jalur data adalah dua arah (bidirectional). CPU dapat membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port.

Banyak perangkat pada sistem yang dicantolkan ke bus data tapi hanya satu perangkat pada satu saat yang dapat memakainya. Untuk mengatur ini, perangkat harus mempunyai tiga state (tristate) agar dapat dipasang pada bus data.



* Word Size

Ukuran ukuran yang diinginkan Kata komputer untuk memindahkan unit informasi seputar; teknis itu lebar dari register prosesor , yang merupakan daerah memegang prosesor, gunakan untuk melakukan aritmatika dan perhitungan logis. Ketika orang menulis tentang komputer memiliki ukuran bit (menyebut mereka, berkata, "32-bit" atau "64-bit" komputer), ini adalah apa yang mereka maksud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar