2012/10/02

MACHINE CYCLE ( SIKLUS MESIN )

  • Fetch 
Arti kata fetch dalam bahasa Indonesia adalah menjemput. Sebagai salah satu operasi yang terjadi pada CPU, fetch merupakan peristiwa pengambilan perintah dan data yang diperlukan.
Fetch merupakan proses mengambil atau membawa instruksi dari memori utama ke CPU. Istilah fetch ini disebut juga dengan instruction fetch, fetch phase, fetch cycle, atau instruction cycle. Operasi fetch ini selalu yang pertama dilakukan oleh CPU terutama untuk mendapatkan informasi atau data tentang instruksi yang dikerjakannya.
Pertama kali yang dilakukan mengambil instruksi dan data dari luar chip, biasanya dari DRAM. Misalnya perintah matematika sederhana untuk penambahan bilangan. Dalam beberapa kasus, data yang digunakan oleh suatu instruksi sudah termasuk di dalamnya, sedangkan dalam beberapa kasus lain, suatu instruksi langsung menunjukkan alamat dimana data yang akan diproses berada. Lokasi dimana alamat data yang akan diproses berada tersebut dengan address. Jadi dalam perintah penambahan, yaitu “add” bisa langsung berupa nilai dari dua bilangan yang akan ditambahkan atau alamat dimana nilai x dan nilai y berada, yang disebut dengan address x dan address y. 
Sebuah instruksi sebenarnya terdiri dari dua bagian, dimana bagian pertama merupakan aksi yang akan dijalankan yang disebut dengan opcode, dan bagian kedua adalah data yang akan dikerjakan yang disebut dengan operand. Dalam contoh instruksi matematika untuk penambahan bilangan tadi, penambahan sendiri instruksinya adalah add, inilah yang disebut dengan opcode. Sedangkan address yang menunjukkan alamat dari nilai x dan nilai y, yang disebut dengan address x dan address y disebut dengan operand. 
Fetch adalah rangkaian aksi yang terjadi pada sebuah CPU dalam menjalankan setiap perintah dalam bahasa mesin pada sebuah program. 
Yang terjadi pada fetch ini adalah peristiwa pengambilan instruksi melalui bus yang ditunjukkan oleh bus address. Ketika bus address menunjukkan alamatnya, maka instruksi diambil berdasarkan alamat tersebut, sedangkan instruksinya dikirimkan melalui bus data.
  • Decode
Menurut Saya pak Dwi, begini Decode dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Pembacaan sandi. Adalah suatu metoda pembacaan suatu data yang telah dikirimkan dalam bentuk sandi, kemudian diterjemahkan kembali ke dalam bentuk data aslinya.  
Pada CPU, merupakan salah satu langkah dalam menjalankan instruksi yang akan dijalankan oleh komputer pada CPU. Ketika CPU telah mendapatkan instruksinya melalui fetch, maka pelaksanaan berikutnya adalah pada bagian decode ini yang berfungsi untuk menganalisa instruksi yang akan dijalankan, terutama untuk menentukan bagian chip mana pada CPU yang akan digunakan untuk memproses instruksi tersebut.  
Beberapa chip akan melihat melihat bagaimana suatu instruksi dapat dilakukan seefisien mungkin. Begitu juga ketika sebuah instruksi yang didapatkan tidak langsung memberikan data aktualnya, melainkan alamat dimana data tersebut berada, maka chip tersebut akan melakukan proses pengambilan dimana data tersebut berada.
  • Execute
Execute, Eksekusi. Instruksi menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer.  
Eksekusi Program yang berarti sistem operasi memiliki kemampuan untuk menjalankan program dengan mengambil instruksi beserta data yang diperlukan oleh program tersebut, lalu menempatkannya pada memori, dan melaksanakan perintah yang ada pada program

  • Store
Merupakan salah satu tahapan untuk melaksanakan suatu perintah pada CPU. Perintah yang diberikan ke komputer tidak hanya bagaimana perintah itu dilaksanakan oleh komputer, melainkan juga kemana hasil perintah tersebut ditempatkan.  
Jika sebuah instruksi bersifat iterative, sebagai contoh penambahan dua bilangan, kemudian tambahkan lagi bilangan lainnya ke jumlah yang sebelumnya. Di sini, instruksi akan memberitahu CPU untuk menempatkan hasil penamabahan yang pertama dalam sebuah tempat khusus sementara yang terdapat pada chip yang disebut dengan register, sampai data tersebut dibutuhkan kembali. Karena register ini berlokasi pada satu chip dengan rangkaian ALU, maka proses pengambilan data kembali akan berlangsung sangat cepat. Sedangkan sebagai alternatif, jika data tersebut tidak digunakan segera maka data akan disimpan di memori (pemanggilan data cepat) atau pada disk (pemanggilan data sangat lambat).
  • Communication device
Communications Device: Hardware yang tersambung dengan chanel komunikasi ke RSView32 station.
Communications Channel: Link yang mengirim data antara RSView32 station dan satu atau lebih prosessor pada sebuah jaringan.  
Node: Physical device, seperti processor, bridge module, atau komputer, pada sebuah jaringan komunikasi.
Communications Driver: Software interface untuk hardware device yang mengenable RSView32 station, atau komputer yang menjalankan RSView32 project, untuk berkomunikasi dengan SLC 500 processor.  
RSView32 software menggunakan RSLinx communications driver untuk berkomunikasi dengan devices yang lain pada jaringan melalui koneksi berikut:  
Direct: Digunakan untuk menghubungkan RSView32 station ke SLC 500 processor pada network yang sama.  
OLE for Process Control (OPC): Digunakan untuk menghubungkan RSView32 station ke communications devices melalui vendor-specific OPC servers.  
Dynamic Data Exchange (DDE): Digunakan untuk menghubungkan RSView32 station ke communications devices via external DDE servers atau third-party servers yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar